Kamis, 07 Januari 2016

EMBARGO

EMBARGO EKONOMI

Embargo adalah pelarangan perniagaan dan perdagangan dengan sebuah negara. Kata ini umumnya digunakan dalam perniagaan dan politik internasional.
Embargo dideklarasikan oleh sekelompok negara terhadap negara lain untuk mengisolasikannya dan menyebabkan pemerintah negara tersebut dalam keadaan internal yang sulit. Keadaan yang sulit ini dapat terjadi akibat pengaruh dari embargo yang menyebabkan ekonomi negara yang dilawan tersebut menderita karenanya.
Embargo biasanya digunakan sebagai hukuman politik bagi pelanggaran terhadap sebuah kebijakan atau kesepakatan. Salah satu contoh embargo adalah yang pernah diterapkan Amerika Serikat terhadap Indonesia dari tahun 1999 hingga 2005 dalam hal pengadaan senjata militer akibat pelanggaran HAM yang dilakukan ABRI di Timor Timur.

Contoh kasus suatu negara dampak dari embargo:

Stop Perdagangan, Cara Rusia Balas Dendam ke Turki
JAKARTA – Penghentian impor dari Turki dilakukan Rusia sebagai balas dendam akibat insiden pesawatnya yang ditembak jatuh. Padahal,hubungan perdagangan antara kedua negara ini cukup kuat sejak dulu.
Seperti dilansir dari CNBC, Kamis (3/11/2015), sektor perdagangan sepertinya menjadi salah satu titik pertama yang rusak dari pembalasan Rusia. Hal ini terlihat dari pernyataan Menteri Pertanian Rusia.
Menteri Pertanian Rusia Alexander Tkachev yang bertugas sebagai badan pangan negara itu sempat mengatakan, Rusia telah menemukan temuan kasus dari Turki yang tidak memenuhi standar Rusia. Dia mencatat, sekira 20 persen dari impor sayuran Turki ke Rusia dapat diambil dari negara lain.
Tidak hanya itu, ekspor gandum dari Rusia ke Turki juga disebut akan dialihkan ke Timur Tengah lainnya. Padahal, Turki merupakan salah satu pembeli gandum terbesar di Rusia.
Menurut statistik perdagangan luar negeri Turki, pada 2014, ekspor ke Rusia senilai USD5,9 miliar. Sedangkan impor dari Rusia senilai USD25,2 miliar.
Meskipun hubungan dagang sekarang goyah, analis optimistis tentang hubungan jangka panjang keduanya. "Perdagangan dan hubungan komersial antara kedua negara memiliki nilai yang signifikan," kata Analis politik utama di Citi Tina Fordham.
Portofolio Manager di Pinebridge, John Bates mengatakan, hubungan antara Turki dan Rusia sangat tertanam. Hal ini menunjukkan ada hubungan bisnis, seperti bank Rusia Sberbank yang memiliki bank Turki DenizBank.

Referensi :
https://id.wikipedia.org/wiki/Embargo

http://economy.okezone.com/read/2015/12/02/320/1259592/stop-perdagangan-cara-rusia-balas-dendam-ke-turki

Tidak ada komentar:

Posting Komentar