Jumat, 30 Desember 2016

Mengenal Lebih dalam Hardisk


Macam hardisk
Ada 2 macam hardisk untuk saat ini yang saya ketahui yaitu hardisk internal dan hardisk external dimana hardis internal merupakan perangkat/hardisk yang tertanam disalam pc maupun laptop yang digunakan sebagai tempat penyimpanan seperti system operasi dan data-data lainnya.

Hardisk eksternal
Hardisk Eksternal adalah hardisk yang digunakan sebagai hardisk tambahan atau media penyimpanan tambahan karena apabila hardisk internal penuh maka akan berakibat komputer menjadi lambat karena beratnya beban yang ada pada hardisk internal untuk itu, hardisk Eksternal digunakan sebagai media penyimpannan tambahan untuk menghindari masalah pada PC.
Jenis lain dari hardisk adalah hardisk eksternal, hardisk ini berbeda dengan hardisk yang biasa karena slotnya pun USB, tipe dan kegunaanyan beragam tergantung yang menggunakan karena hardisk eksternal dapat berfungsi sebagai sistem, penyimpananl, dan yang lainyaa. Ukuran dari hardisk Eksternal juga beragam dari yang terkeci dengan satuan kb dan sampai yang terbesar dengan satuan TB.

Ada 5 cara untuk menyambungkan hard disk ke komputer Anda:
  1. USB
    USB adalah jenis sambungan yang paling umum. Anda tidak perlu mempersiapkan apa pun. Cukup tancapkan. Komputer langsung mengenali hard disk, kemudian Anda dapat membaca serta menyimpan file dalam seketika.
  2. FireWire
    Jenisnya plug-and-play seperti USB, FireWire 800 jauh lebih cepat, sehingga cara ini begitu populer di kalangan profesional untuk mentransfer file video untuk produksi.
  3. SATA
    SATA adalah sambungan standar untuk hard disk internal. SATA menghadirkan kecepatan transfer file paling tinggi u\ntuk format apa pun.
  4. eSATA
    Sambungan yang tidak terlalu umum namun memiliki kinerja yang tinggi dan biasanya ditemukan di PC. Sambungan eSATA berkinerja tinggi dengan kecepatan yang hampir sama dengan hard disk internal.
  5. Wireless
    Jenis sambungan ini benar-benar unik karena tidak membutuhkan kabel! Oleh karena itu, hard disk jenis ini selain bisa disambungkan dengan PC atau Mac, juga bisa digunakan pada perangkat mobile, contohnya iPhone, iPad, Android dan lainnya.
Keunggulan hardisk eksternal
  • Lebih simple atau mudah dibawa kemana-mana.
  • Kapasitasnya lebih besar dibandingkan harddisk internal.
Kelemahan hardisk eksternal
  • Harga relatif lebih mahal dibandingkan harddisk internal.
  • Sangat rawan terserang virus.
  • Rawan terjadi bad sector.


Sumber :
http://www.pintarkomputer.net/2016/05/pengertian-fungsi-hardisk-internal-dan.html
http://masadepan-it.blogspot.co.id/2013/09/fungsi-harddisk-external.html
http://www.gudangilmukomputer.com/2015/09/keunggulan-dan-kelemahan-harddisk-eksternal.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar