Kamis, 04 Juni 2015

BAB 1 ISD SEBAGAI SALAH SATU MKDU



1     ISD SEBAGAI SALAH SATUMKDU

1.1   Pengertian, Tujuan, ISD dan IPS

A.      Pengertian Ilmu Sosial Dasar
Ilmu social dasara dalahilmu yang penelaahan atau akjian aspek-aspek yang berinteraksi manusia denganlingkungan sosialnya.
B.      Tujuan Ilmu Budayadasar
Ilmu Sosial Dasar mempunyai tujuan, yaitu :
1.       Memahami kaidah berkehidupan social sesuai dengan pilihan keahlian dalam berkarya.
2.       Untuk membangun wawasan pemikiran dan kepribadian yang lebih luas.
3.       Memahami dan menyadari adanya kenyataan dalam kehidupan dan masalah-masalah dalam lingkungan social.
4.       Menyadari masalah-masalah social dan dapat ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya.
5.       Menyadari bahwa setiap masalah social yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya mempelajarinya (secarakritisdaninterdisipliner).
6.       Memahami jalan pikiran para ahli dalam bidang ilmu pengetahuan social dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka menanggulangan masalah social yang timbul di masyarakat.

C.        KelompokIlmuPengetahuan
Ilmu Pengetahuan terbagiatas 3 kelompo, antaralain :
1.       Ilmu-ilmu Alamiah( Natural sciences ) merupakan ilmu bidang kajian yang mempelajari mengenai benda-benda, hukum-hukum pasti dan umum yang berada dialam semesta.
Contoh :Fisika, Biologi, Kimia, Astronomi.

2.       Ilmu-ilmuSosial( Social Sciences ) merupakan bidang kajiaan yang mempelajari aspek-aspek mengenai manusia dan lingkungans osialnya.
Contoh :ilmuEkonomi, Sosiologi, Geografi, Psikologi.

3.       Ilmu-ilmu Budaya( Humanities ) merupakan bidang kajian yang mempelajari kebudayaan manusia, menggunakan metode yang terutama analitis, kritis, ataus pekulatif, dan memiliki sejarah yang signifikan.
Contoh :Kesenian, Agama, Bahasa, Kesusastraan.


1.2   ISD dan IPS
MempelajariIlmu Social Dasar mempunyai persamaan dan perbedaan, persaman dan perbedaan itu meliputi :
·         Persamaanantarakeduanyaadalah :
1.       Keduanya sama-sama merupakan bahantu untuk kepentingan program pendidikan/pengajar.
2.       Keduanya bukan berada dalam disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
3.       Keduanya mempunyai materi yang terdiri dari fakta social dan masalah social.

·         Perbedaan antara keduanya adalah :
1.       Ilmu social dasar diberikan diperguruantinggi, sedangkan ilmu pengetahuan social diberikanhanya disekolah dasar dan sekolah lanjut.
2.       Ilmu social dasar merupakan satu matakuliah yang tunggal, sedangkan ilmu pengetahuan social merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran untuk sekolah lanjut.
3.       Ilmu social dasar lebih tertujuk pada pembentukan sikap dan kepribadian, sedangkan ilmu pengetahuan social diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan ketrampilan intelektual.
1.3 Ruang Lingkup ISD
Materi ISD terdiri dari masalah-masalah social dengan demikian bahan matapelajaran ISD dapat dibedakanatas 3 golongan :
1.       Kenyataan social yang ada dalam masyarakat yang secara bersama-sama merupakan masalah social   tertentu.,karena adanya perbedaan latar belakang disiplin ilmu atau sudut pandangnya.
2.       Konsep / pengertian tentang kenyataan social dibatasi pada konsep dasar yang diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah social yang dipahami dalam IPS.
3.       Masalah-masalah social yang timbul dalam masyarakat biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-keyataan social yang antara 1 dengan yang lainnya saling berkaitan

Sedangkan ruang lingkup kajian IPS meliputi :
1.       substansi materi ilmu-ilmu sosial yang bersentuhan dengan masyarakat.
2.       gejala, masalah, dan peristiwa sosial tentang kehidupan masyarakat.






DAFTAR PUSAKA


Tidak ada komentar:

Posting Komentar